Senin, 20 Mei 2013

kepompong


arti persahabatan

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi
membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkanbesi,
demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya.
diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur-disakiti,
diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak,
namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan
dengan tujuan kebencian.
Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan
untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya
ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman,
tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan
dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha
pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita
membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi
mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih
dari orang lain, tetapi justru ia beriinisiatif memberikan
dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.

Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya,
karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.
Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati,
namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya.
Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun
ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

Beberapa hal seringkali menjadi penghancur
persahabatan antara lain :
1. Masalah bisnis UUD (Ujung-Ujungnya Duit)
2. Ketidakterbukaan
3. Kehilangan kepercayaan
4. Perubahan perasaan antar lawan jenis
5. Ketidaksetiaan.
Tetapi penghancur persahabatan ini telah berhasil dipatahkan
oleh sahabat-sahabat yang teruji kesejatian motivasinya.
Nah bagaimana sikap teman-teman dalam menyingkapi sebuah persahabatan? kalo menurut lirik lagu sindentosca yang berjudul kepompong, persahabatan itu..
persahabatan bagai kepompong merubah ulat menjadi kupu-kupu
Persahabatan bagai kepompong Hal yang tak mudah berubah jadi indah
Persahabatan bagai kepompong Maklumi teman hadapi perbedaan

fie


Gerakan dan aliran Feminis
Feminisme adalah : Sebuah aliran gerakan perempuan yang menuntut emansipasi atau kesamaan hak dengan kaum pria.
Tokoh Feminisme di namakan Feminis.
Feminis muncul pertama kali pada saat era pencereahan di Eropa yang di pelopori oleh
Lady Mary Wortley Montagu dan Marquis de condorcet, setelah revolusi Amerika tahun 1776 dan revolusi perancis tahun 1792 berkembang pemikiran bahwa pada kenyataanya posisi perempuan di pandang kurang beruntung di bandingkan laki laki. Pada waktun itu posisi perempuan tidak sama dengan laki laki di hadapan hukum, pendidikan dan politik, tahun 1785 perkumpulan masyarakat ilmiah untuk perempuan  di dirikan di Middelburg, sebuah kota di selatan Belanda. Kata Feminis di cetuskan pertama kali oleh aktifis sosialis Charles Faurier tahun 1837. Pergerakan perempuan yang bermula dari Eropa ini pindah ke Amerika dan berkembang pesat di sana oleh John Stuart Mill, sejak saat itulah perjuangan mereka di anggap sebagai tanda kelahiran feminis yang pertama. Perjuangan mereka terus berlanjut, pada tahun  1830- 1840 Perempuan mulai mendapat perhatian di lingkup pendidikan, perubahan gaji, jam kerja dan hak pilih. Pada tahun 1960 Perempuan mulai mendapat ruang gerak di ranah politik yang di pelopori oleh Feminis Perancis Helene Cixeus dan Julia Cristeva.
Aliran aliran Feminisme.
Ada beberapa aliran Feminisme, di antaranya :
1.        Feminisme Liberal
Aliran feminism ini Pandangan yang menempatkan perempuan sebagai sosok yang memiliki pandangan penuh dan individual. Aliran Feminisme ini menyadarkan perempuan bahwa mereka dalam posisi yang tertindas, pekerjaan yang di lakukan perempuan di sector domestic di anggap dan di kampanyekan  tidak produktif dan menempatkan mereka pada posisi sub ordinat. Akar teori ini bertumpu pada kebebasan dan kesetaraan rasionalitas.
2.       Feminisme Radikal
Aliran ini bertumpu pada pandangan bahwa penindasan perempuan timbul karena budaya patriarkhi, tubuh perempuan merupakan obyek utama penindasan laki laki, Perempuan dalam sebuah Negara hanya berposisi sebagai warga Negara tanpa kemampuan untuk mengambil kebijakan, karena peran pengambil kebijakan di pegang oleh laki laki, sehingga muncul “ The Personal is Political “, pandangan buruk banyak di tujukan kepada aliran ini karena sampai menjangkau masalah privat, akan tetapi sisi baiknya di rasakan pula oleh masyarakat Indonesia karena dengan munculnya aliran ini terbit UU NO 23 tentang PKDRT yang aturan di dalamnya menyentuh wilayah privat individu.
3.       Feminisme Post Modern
Mereka berpendapat bahwa  Gender tidak bermakna identitas atau struktur social, gagalnya modernitas dan pemilahan berbeda pada fenomina social  menurut mereka karena penentanganya pada penguniversalan pengetahuan ilmiah dan sejarah.
4.        Feminisme Anarkis
Aliran ini lebih bersifat sebagai paham politik yang menganggap bahwa system dominasi laki laki terhadap perempuan haruds segera di hancurkan.
5.       Feminisme Marxis
Aliran ini ,memandanbg masalah perempuan sebagai kritik kapitalisme, asumsinya sumber penindasan perempuan berasal dari eksploitasi kelas dan cara produksi, Kaum feminis marxis beranggapan Negara adalah kapitalis, Negara mempunyai kemampuan untuk memelihara kesejahteraan namun di sisi lain Negara juga kapitalis yang menggunakan system perbudakan kaum wanita sebagai pekerja.
6.       Feminis Sosialis 
Aliran ini menginginkan struktur masyarakat tanpa kelas dan tanpa perbedaan gender, Feminis ini menggunakan analisis kelas dan gender untuk memahami penindasan perempuan, aliran ini juga menyetujui system patriarkhilah yang menyebabkan penindasan tersebut, dalam konteks Indonesia analisis ini di pakai untuk melihat problem problem kemiskinan yang di bebankan kepada perempuan.
7.       Feminisme Postkolonial.
Dasar pandangan aliran ini adalah penolakan universalitas perempuan, perempuan perempuan yang hidup di daerah bekas koloni akan lebih berat mendapatkan penindasan, selain penindasan berbasis gender, mereka juga mengalami penindasan antar ras, suku dan agama. Dimensi kolonialisme menjadi focus utama aliran ini, yang pada intinya mereka menggugat penjajahan baik secara nilai nilai, fisik maupun mentalitas masyarakat.
8.       Feminis Nordic
Aliran ini menganalisis Feminisme bernegara, bahwa kaum perempuan harus berteman dengan Negara karena kekuatan atau hak politik perempuan tergantung pada kebijakan social Negara.
FEMINISME DALAM ISLAM
Islam adalah Agama yang Rohmatan Lil’alamin, yang membedakan laki laki dan perempuan di sisiNYA adalah ketaqwaan. Islam tidak menafikan feminisme, gerakan feminisme dalam islam akan berhasil bila tetap  mengacu pada Al Qur’an dan Assunnah bukan hanya sekedar  mengimpor  gagasan gagasan asing dari luar  kata Dr Louis Lamya Al Faruqi, ada beberapa tokoh islam yang lain yang berpendapat sama adalah Hasan Turabi, Yusuf Al Qardawi dan Jamal Al Badawi. Gerakan Emansipasi perempuan sebenarnya sudah di mulai sejak jaman Nabi, Islam mengeliminasi Adat istiadat jahiliyah yang sangat merugikan kaum perempuan seperti mengubur bayi perempuan hidup hidup, mengawini dan menceraikan perempuan sesuka hati.
Menurut Muhammad Abduh dan Yusuf Qardawi, ketimpangan dan penindasan di kalangan umat islam terjadi karena perbuatan masyarakat setempat, islam sendiri tidak mengajarkan penindasan dan diskriminasi, Semua ayat yang menceritakan Adam dan Hawa dari Langit hingga turun ke bumi selalu menggunakan kata Kuma dan Huma ( Kamu berdua dan mereka berdua ).Dalam Islam laki laki dan perempuan mempunyai peran masing masing dan mempunyai hak yang sama tanpa di bedakan satu sama lain.
SELANJUTNYA…SEMUA ADALAH PILIHAN, APA YANG MENURUT ORANG LAIN BAIK BELUM TENTU MENURUT KITA BAIK, HUALLAHU A’LAM BISSHOWAB.


 









fie


Gerakan dan aliran Feminis
Feminisme adalah : Sebuah aliran gerakan perempuan yang menuntut emansipasi atau kesamaan hak dengan kaum pria.
Tokoh Feminisme di namakan Feminis.
Feminis muncul pertama kali pada saat era pencereahan di Eropa yang di pelopori oleh
Lady Mary Wortley Montagu dan Marquis de condorcet, setelah revolusi Amerika tahun 1776 dan revolusi perancis tahun 1792 berkembang pemikiran bahwa pada kenyataanya posisi perempuan di pandang kurang beruntung di bandingkan laki laki. Pada waktun itu posisi perempuan tidak sama dengan laki laki di hadapan hukum, pendidikan dan politik, tahun 1785 perkumpulan masyarakat ilmiah untuk perempuan  di dirikan di Middelburg, sebuah kota di selatan Belanda. Kata Feminis di cetuskan pertama kali oleh aktifis sosialis Charles Faurier tahun 1837. Pergerakan perempuan yang bermula dari Eropa ini pindah ke Amerika dan berkembang pesat di sana oleh John Stuart Mill, sejak saat itulah perjuangan mereka di anggap sebagai tanda kelahiran feminis yang pertama. Perjuangan mereka terus berlanjut, pada tahun  1830- 1840 Perempuan mulai mendapat perhatian di lingkup pendidikan, perubahan gaji, jam kerja dan hak pilih. Pada tahun 1960 Perempuan mulai mendapat ruang gerak di ranah politik yang di pelopori oleh Feminis Perancis Helene Cixeus dan Julia Cristeva.
Aliran aliran Feminisme.
Ada beberapa aliran Feminisme, di antaranya :
1.        Feminisme Liberal
Aliran feminism ini Pandangan yang menempatkan perempuan sebagai sosok yang memiliki pandangan penuh dan individual. Aliran Feminisme ini menyadarkan perempuan bahwa mereka dalam posisi yang tertindas, pekerjaan yang di lakukan perempuan di sector domestic di anggap dan di kampanyekan  tidak produktif dan menempatkan mereka pada posisi sub ordinat. Akar teori ini bertumpu pada kebebasan dan kesetaraan rasionalitas.
2.       Feminisme Radikal
Aliran ini bertumpu pada pandangan bahwa penindasan perempuan timbul karena budaya patriarkhi, tubuh perempuan merupakan obyek utama penindasan laki laki, Perempuan dalam sebuah Negara hanya berposisi sebagai warga Negara tanpa kemampuan untuk mengambil kebijakan, karena peran pengambil kebijakan di pegang oleh laki laki, sehingga muncul “ The Personal is Political “, pandangan buruk banyak di tujukan kepada aliran ini karena sampai menjangkau masalah privat, akan tetapi sisi baiknya di rasakan pula oleh masyarakat Indonesia karena dengan munculnya aliran ini terbit UU NO 23 tentang PKDRT yang aturan di dalamnya menyentuh wilayah privat individu.
3.       Feminisme Post Modern
Mereka berpendapat bahwa  Gender tidak bermakna identitas atau struktur social, gagalnya modernitas dan pemilahan berbeda pada fenomina social  menurut mereka karena penentanganya pada penguniversalan pengetahuan ilmiah dan sejarah.
4.        Feminisme Anarkis
Aliran ini lebih bersifat sebagai paham politik yang menganggap bahwa system dominasi laki laki terhadap perempuan haruds segera di hancurkan.
5.       Feminisme Marxis
Aliran ini ,memandanbg masalah perempuan sebagai kritik kapitalisme, asumsinya sumber penindasan perempuan berasal dari eksploitasi kelas dan cara produksi, Kaum feminis marxis beranggapan Negara adalah kapitalis, Negara mempunyai kemampuan untuk memelihara kesejahteraan namun di sisi lain Negara juga kapitalis yang menggunakan system perbudakan kaum wanita sebagai pekerja.
6.       Feminis Sosialis 
Aliran ini menginginkan struktur masyarakat tanpa kelas dan tanpa perbedaan gender, Feminis ini menggunakan analisis kelas dan gender untuk memahami penindasan perempuan, aliran ini juga menyetujui system patriarkhilah yang menyebabkan penindasan tersebut, dalam konteks Indonesia analisis ini di pakai untuk melihat problem problem kemiskinan yang di bebankan kepada perempuan.
7.       Feminisme Postkolonial.
Dasar pandangan aliran ini adalah penolakan universalitas perempuan, perempuan perempuan yang hidup di daerah bekas koloni akan lebih berat mendapatkan penindasan, selain penindasan berbasis gender, mereka juga mengalami penindasan antar ras, suku dan agama. Dimensi kolonialisme menjadi focus utama aliran ini, yang pada intinya mereka menggugat penjajahan baik secara nilai nilai, fisik maupun mentalitas masyarakat.
8.       Feminis Nordic
Aliran ini menganalisis Feminisme bernegara, bahwa kaum perempuan harus berteman dengan Negara karena kekuatan atau hak politik perempuan tergantung pada kebijakan social Negara.
FEMINISME DALAM ISLAM
Islam adalah Agama yang Rohmatan Lil’alamin, yang membedakan laki laki dan perempuan di sisiNYA adalah ketaqwaan. Islam tidak menafikan feminisme, gerakan feminisme dalam islam akan berhasil bila tetap  mengacu pada Al Qur’an dan Assunnah bukan hanya sekedar  mengimpor  gagasan gagasan asing dari luar  kata Dr Louis Lamya Al Faruqi, ada beberapa tokoh islam yang lain yang berpendapat sama adalah Hasan Turabi, Yusuf Al Qardawi dan Jamal Al Badawi. Gerakan Emansipasi perempuan sebenarnya sudah di mulai sejak jaman Nabi, Islam mengeliminasi Adat istiadat jahiliyah yang sangat merugikan kaum perempuan seperti mengubur bayi perempuan hidup hidup, mengawini dan menceraikan perempuan sesuka hati.
Menurut Muhammad Abduh dan Yusuf Qardawi, ketimpangan dan penindasan di kalangan umat islam terjadi karena perbuatan masyarakat setempat, islam sendiri tidak mengajarkan penindasan dan diskriminasi, Semua ayat yang menceritakan Adam dan Hawa dari Langit hingga turun ke bumi selalu menggunakan kata Kuma dan Huma ( Kamu berdua dan mereka berdua ).Dalam Islam laki laki dan perempuan mempunyai peran masing masing dan mempunyai hak yang sama tanpa di bedakan satu sama lain.
SELANJUTNYA…SEMUA ADALAH PILIHAN, APA YANG MENURUT ORANG LAIN BAIK BELUM TENTU MENURUT KITA BAIK, HUALLAHU A’LAM BISSHOWAB.


 









makul abie almayfie


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah
Di seluruh dunia Islam telah muncul kesadaran akan pentingnya sarana pendidikan. Kaum muslim tidak hanya memandang pendidikan sebagai sarana untuk mentransmisikan ide-ide pembaharuan Islam kepad agenerasi mendatang. Kesadaran yang semakin kuat itu juga tumbuh di kalangan kaum muslim terpelajar di Indonesia.untuk sebagian kesadaran itu disebabkan oleh semakin intensifnya interaksi dan koneksi antara pusat-pusat studi di Timur Tengah, dengan kelompok-kelompok nmuslim terpelajar di Indonesia. Sedangkan sebagian lainnya adalah karena kuatnya desakan keadaan untuk melawan kolonialisme. Sejarah mencatat muncul lembaga-lenbaga pendidikan modern di Indonesia, terutama pada akhir abad ke 20.[1]
Dalam makalah ini akan dibahas tentang lembaga-lembaga pendidikan tersebut, seperti PERSIS, NU, INS, dan Santi Asromo.
B.     Rumusan Masalah
  1. Bagaimana konsep pemabaharuan pendidikan Islam pada PERSIS?
  2. Bagaimana konsep pemabaharuan pendidikan Islam pada NU?
  3. Bagaimana konsep pemabaharuan pendidikan Islam pada INS?
  4. Bagaimana konsep pemabaharuan pendidikan Islam pada Santri Asromo?
 BAB II
PEMBAHASAN


A.    Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Pada PERSIS
Persatuan Islam didirikan secara resmi pada tanggal 12 September 1923 di Bandung oleh sekelompok orang Islam yang berminat dalam studi dan aktifitas keagamaan yang dipimpin oleh Zamzam dan Muhammad Yunus. Pendirian pesantren Persis dilatarbelakangi oleh kesadaran kolektif sebagian warga Persis untuk menyebarkan paham mereka sehingga bisa tersosialisasi di masyarakat. Dan salah satu tujuannya yaitu menginginkan munculnya calon-calon ulama dari generasi yang tafaqquh fi al-din yang terus meningkatkan pentingnya ajaran islam. [2]
Sebagaimana halnya dengan organisasi Islam lainnya, PERSIS memberikan perhatian yang besar pada kegiatan-kegiatan pendidikan, tabligh, serta publikasi. [3] Sistem pendidikan di pesantren Persis diantaranya: Raudlatul Athfal(2 th), Ibtidaiyyah(6 th), Tajhiziyyah(2 th), Tsanawiyyah(4 th), Diniyyah Uula(6 th), Diniyyah Wustha(4 th), Muallimin(2 th), Pesantren Luhur(4-5 th).
Pada dasarnya kurikulum yang dikembangkan pesantren persis ini adalah perimbangan pendidikan agama sebagai prioritas, jika dibandingkan dengan pendidikan umum dan yang menarik lagi kurikulum yang dipakai sampai saat ini adalah hasil rakitan sendiri. Namun begitu dalam pengakuan pendidik di kalangan pesantren kurikulum ini  masih didasarkan kepada kaedah-kaedah baku gerakan Persis, yang disebut Ahkam al Syar’I dan Qoidah Ushul. Dari racikan kurikulum ini diharapkan para santri memiliki bekal pengetahuan akidah yang cukup berdasarkan akhlaq al Karimah.
Pada tahun 1988 terjadi perubahan yang cukup mendasar dalam system pendidikan Persis, yakni ketika pimpinan pesantren secara kelembagaan mengizinkan para santri untuk mengikuti ujian negara dalam bentuk EBTA persamaan. Dalam perspektif Kyai, hal ini akan mempengaruhi visi dan orientasi siswa di lingkungan Persis untuk menjadi ulama cenderung pragmatis seperti pegawai negeri.[4]
B.     Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Pada NU
NU didirikan di Surabaya pada tanggal 31 Januari 1926oleh kalangan ulama penganut madzhab yang seringkali menyebut dirinya sebagai golongan Ahlussunnah Wal Jama’ah yang dipelopori oleh KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdul Wahab Hasbullah. Berdirinya gerakan NU adalah sebagai reaksi terhadap gerakan reformasi dalam kalangan umat Islam Indonesia dan berusaha mempertahankan salah satu dari empat madzhab yang berhubungan dengan fiqh, madzhab Hanafi, Maliki, Syafi’I dan Hanbali.[5]
NU adalah perkumpulan sosial yang mementingkan pendidikan dan pengajaran Islam . Oleh karena itu NU mendirikan Madrasah ditiap tiap cabang dan ranting untuk mempertinggi nilai kecerdasan masyarakat Islam dan mempertinggi budi pekerti mereka. Dalam misinya di bidang pendidikan NU akan mengupayakan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran serta pengembangan kebudayaan sesuai dengan ajaran agama Islam untuk membina umat agar menjadi muslim yang taqwa, berbudi luhur, berpengetahuan luas, serta berguna bagi nusa dan agama.[6]
Setelah menjadi partai politik NU membentuk satu bagian khusus yang mengelola kegiatan pendidikan dan pengajaran formal dengan nama Al Maarif, yang bertugas untuk membuat perundangan dan program pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan atau sekolah-sekolah yang di bawah naungan NU. Berdasarkan hasil rapat kerja Maarif yang di selenggarakan pada tahun 1978, disebutkan tentang program-program kerja Ma’arif antara lain :
1.      Pemantapan sistem pendidikan Ma’arif meliputi :
Ø  Menumbuhkan jiwa pemikiran dan gagasan, pandangan hidup ala ASWAJA
Ø  Menanamkan sikap terbuka, watak mandiri, ketrampilan menggunakan ilmu dan teknologi.
Ø  Menciptakan sikap hidup yang berorientasi pada kehidupan duniawi dan ukhrawi.menanamkan penghayatan terhadap nilai-nilai ajaran agama islam yang dinamis.
2.      Peningkatan organisasi ma’arif
3.      Penyediaan data dan informasi tentang sekolah-sekolah ma’arif
4.      Penerbitan
5.      Peningkatan mutu guru ma’arif. [7]

C.    Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Pada INS
INS Kayutanam didirikan oleh Mohammad Syafei pada tanggal 31 Oktober 1926 di Kayutanam, di Sumatera Barat. Sejak berdiri hingga perang kemerdekaan, perguruan ini telah berkibar namanya, bersamaan dengan berkibarnya nama Perguruan Taman Siswa yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara di pulau Jawa. Pendidikan yang diberikan atas pendidikan teori dan praktek dan tujuan utamanya berdasarkan prinsip aktif, dengan mengutamakan peranan pekerjaan tangan.
Moh.syafei membedakan antara pendidikan dan pengajaran. Menurutnya pendidikan berfungsi melatih jiwa dan hati, sedangkan pengajaran berfungsi sebagai pengisi otak. Dalam penyusunan kurikulum kedua unsur ini dipadukan, materi kurikulum berisi bahan pengajaran teoritis dipadukan dengan kegiatan belajar mengajar praktis dan diusahakn lahirnya kreatifitas anak yang terarah dan terprogram untuk menciptakan karya yang bernilai dan bermanfaat. Untuk itu disusunnya kurikulum yang terdiri atas mata pelajaran teori dan ketrampilan dengan tujuan akhir siswa mampu hidup mandiri serta bermanfaat bagi masyarakat. [8]

D.    Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Pada Santri Asromo
Santri asromo didirikan oleh KH. Abdul Halim Iskandar tahun 1932 di desa Pasir Ayu, Majalengka. Santri asromo adalah suatu lembaga pendidikan agama Islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat sekitar, dengan sistem asromo (kampus) yang santri santrinya menerima pendidikan agama Islam melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya di bawah kedaulatan dan kepemimpinan seorang atau beberapa orang kyai dengan ciri ciri bersifat karismatik serta independent dalam segala hal.[9]
Ada tiga factor yang mendorong berdirinya Santri Asromo:
1.      Rasa tidak puas terhadap pendidikan Belanda
2.      Tidak puas atas hasil pendidikan pesantren waktu itu
3.      Ingin mengadakan pembaharuan, modernisasi dan penyegaran pendidikan
Adapun tujuan utamanya yaitu membentuk kepribadian murid dengan memberikan kesempatan untuk meraih suatu jabatan dengan bekal ketrampilan yang terlatih.
      Menurut Abdul Halim pendidikan yang dibutuhkan harus menyangkut tiga factor yaitu pendidikan batin(akhlaq), social(ijtima’), dan ekonomi(iqtishad). Dengan demikian pada susunan kurikulum telah dilaksanakan materi pelajaran terpadu antara teori dan praktek. Pelaksaan kurikulum didasarkan atas prinsip pendidikan selama 24 jam yang dibagi menajdi intra dan ekstra. Kegiatan intra diselenggarakan pagi hari  dari jam 07.00 sampai 13.00 meliputi pelajaran agama dan pelajaran lain secara teoritis. Sedangkan kegiatan ekstra mulai jam 13.00 sampai 22.00 berupa bimbingan praktis.[10]
 
BAB III
KESIMPULAN


1.      Pembaharuan pendidikan pada Persis adalah memprioritaskan pendidikan agama daripada umum yang kesemua program pendidikannya merupakan hasil rakitan sendiri.
2.      NU mengembangkan pendidikan dan kebudayaan dengan mendirikan suatu lembaga yang diberi nama Al Ma’arif
3.      Pendidikan yang dilaksanakan pada INS berupa teori dan praktek  yang materinya bervariasi sesuai tingkatannya. Kurikulum yang disusun mengedepankan lahirnya kereatifitas anak dari keaktifan mereka sendiri.
4.      Pendidikan pada santri Asromo harus menayngkut tiga factor yaitu pendidikan batin, sosial, dan ekonomi.

REFERENSI

Hasan, Ali dan Mukti Ali. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2003.
Fadeli, Soelaiman. Antologi NU.  Surabaya: Khalista, 2007.
Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1996.


[1] Ali Hasan dan Mukti Ali, Kapita Selekta Pendidikan Islam(Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2003), 8.
[2] Ibid, 23.
[3] Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia(Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1996), 122.
[4] Hasan, Kapita, 27.
[5] Hasbullah, Sejarah, 106.
[6] Soelaiman Fadeli, Antologi NU ( Surabaya: Khalista, 2007), 7.
[7] Hasbullah, Sejarah, 122.
[8] Hasan, Kapita, 17.
[9] Ibid, 20.
[10]Ibid, 22.