Sabtu, 23 Juni 2012

ptk


PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN STRATEGI POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS IX MTS WAHID HASYIM PONOROGO PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
1.    Latar Belakang
Pendidikan adalah tujuan sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia, sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan, maka dalam pelaksanaannya berada dalam suatu proses yang berkesinambungan dalam setiap jenis dan jenjang pendidikan semuanya berkaitan dalam suatu sistem pendidikan yang integral.[1] Para ahli pendidikan telah menyadari bahwa mutu pendidikan sangat tergantung pada kualitas guru dan praktek pembelajarannya, sehingga peningkatan kualitas pembelajaran merupakan isu mendasar bagi peningkatan mutu pendidikan secara nasional.[2] Pendidikan pada hakekatnya merupakan upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan aktifitas guru dan siswa.
Pembelajaran adalah proses perubahan tingkah laku. Dalam pelaksanaannya sistem pembelajaran merupakan gabungan dari beberapa komponen yang satu sama lain saling berinteraksi dan berinterelasi. Komponen-komponen tersebut adalah tujuan, materi pelajaran, metode atau strategi pembelajaran, media, dan evaluasi. Kualitas pembelajaran harus dilaksanakan seiring perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Peningkatan tersebut dapat dilaksanakan dengan menerapkan sistem pembelajaran aktif.
Dalam proses belajar mengajar, hal yang paling berperan adalah cara guru dalam mengajar siswa atau menyampaikan pelajaran yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa. Dalam hal ini harus ada metode yang sesuai, sehingga keinginan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat, sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar. Tapi pada umumnya kebanyakan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kurang memadai, sehingga siswa sendiri tenggelam kedalam lingkungan belajar yang kurang merangsang aktifitas belajar yang maksimal. Penyebab terjadinya gangguan atau hambatan dalam diri siswa pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam karena adanya suatu pandangan bahwa Ilmu Pengetahuan Alam adalah pelajaran yang sulit, menakutkan dan hanya orang – orang tertentu saja yang dapat mempelajarinya.
Berkaitan dengan masalah diatas, pada kegiatan pembelajaran yang terjadi di MTs Wahid Hasyim Ponorogo ditemukan keragaman masalah bahwa minat siswa dalam mengikuti pelajaran rendah dan konsentrasi belajar siswa kurang. Sebagai seorang guru, kita harus mampu memecahkan masalah- masalah yang ada dalam kelas. Salah satunya dengan menggunakan metode yang lebih menuntut siswa untuk aktif.
Berdasarkan alasan diatas maka penulis akan mengadakan penelitian dengan judul “PENERAPAN STRATEGI POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS IX MTS WAHID HASYIM PONOROGO PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM”.
2.    Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas maka identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah :
a.       Minat siswa/ siswi kelas IX dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam masih kurang.
b.      Kurangnya konsentrasi siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Dari identifikasi di atas, peneliti melakukan pembatasan masalah yaitu terkait dengan minat siswa/ siswi kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.


3.    Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah-masalah diatas, penulis menarik suatu rumusan masalah yang akan menjadi fokus dalam penelitian. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
a.       Apakah dengan strategi The Power of Two dapat meningkatkan minat belajar siswa/ siswi kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pemngetahuan Alam?
b.      Apakah dengan strategi The Power of Two dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa/ siswi kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pemngetahuan Alam?
4.    Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran kooperatif dengan metode diskusi melalui tahapan belajar The Power of Two yang dilakukan peneliti pada kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo dan untuk mengetahui peningkatan aktifitas belajar siswa / siswi MTs Wahid Hasyim Ponorogo. Selain itu untuk mengetahui tindakan yang dilakukan peneliti pada proses pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan, kreatifitas dan kemandirian serta kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk :
a.       Meningkatkan minat belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategipembelajaran The Power of Two pada siswa/ siswi kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo.
b.      Meningkatkan konsentrsi belajar siswa/ siswi dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa / siswi kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo.


[1]  (Djamarah, 2005:22).
[2]  (Marsigit, 2005:1).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar