PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN STRATEGI POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
SISWA DI KELAS IX MTS WAHID HASYIM PONOROGO PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN
ALAM
1.
Latar Belakang
Pendidikan
adalah tujuan sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia,
sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan, maka dalam pelaksanaannya berada
dalam suatu proses yang berkesinambungan dalam setiap jenis dan jenjang
pendidikan semuanya berkaitan dalam suatu sistem pendidikan yang integral.[1]
Para ahli pendidikan telah menyadari bahwa mutu pendidikan sangat tergantung
pada kualitas guru dan praktek pembelajarannya, sehingga peningkatan kualitas
pembelajaran merupakan isu mendasar bagi peningkatan mutu pendidikan secara
nasional.[2]
Pendidikan pada hakekatnya merupakan upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan
aktifitas guru dan siswa.
Pembelajaran
adalah proses perubahan tingkah laku. Dalam pelaksanaannya sistem pembelajaran
merupakan gabungan dari beberapa komponen yang satu sama lain saling
berinteraksi dan berinterelasi. Komponen-komponen tersebut adalah tujuan,
materi pelajaran, metode atau strategi pembelajaran, media, dan evaluasi.
Kualitas pembelajaran harus dilaksanakan seiring perkembangan Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi (IPTEK). Peningkatan tersebut dapat dilaksanakan dengan
menerapkan sistem pembelajaran aktif.
Dalam proses
belajar mengajar, hal yang paling berperan adalah cara guru dalam mengajar
siswa atau menyampaikan pelajaran yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa.
Dalam hal ini harus ada metode yang sesuai, sehingga keinginan siswa dalam
mengikuti pelajaran juga meningkat, sehingga berpengaruh terhadap prestasi
belajar. Tapi pada umumnya kebanyakan guru masih menggunakan metode
pembelajaran konvensional dan kurang memadai, sehingga siswa sendiri tenggelam
kedalam lingkungan belajar yang kurang merangsang aktifitas belajar yang
maksimal. Penyebab terjadinya gangguan atau hambatan dalam diri siswa pada saat
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam karena adanya suatu pandangan bahwa Ilmu
Pengetahuan Alam adalah pelajaran yang sulit, menakutkan dan hanya orang –
orang tertentu saja yang dapat mempelajarinya.
Berkaitan
dengan masalah diatas, pada kegiatan pembelajaran yang terjadi di MTs Wahid
Hasyim Ponorogo ditemukan keragaman masalah bahwa minat siswa dalam mengikuti
pelajaran rendah dan konsentrasi belajar siswa kurang. Sebagai seorang guru,
kita harus mampu memecahkan masalah- masalah yang ada dalam kelas. Salah
satunya dengan menggunakan metode yang lebih menuntut siswa untuk aktif.
Berdasarkan
alasan diatas maka penulis akan mengadakan penelitian dengan judul “PENERAPAN
STRATEGI POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS IX MTS
WAHID HASYIM PONOROGO PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM”.
2.
Identifikasi Masalah
Dari latar
belakang masalah yang telah dikemukakan di atas maka identifikasi masalah dalam
penelitian ini adalah :
a.
Minat siswa/ siswi kelas IX dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam masih kurang.
b.
Kurangnya konsentrasi siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam.
Dari
identifikasi di atas, peneliti melakukan pembatasan masalah yaitu terkait
dengan minat siswa/ siswi kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo dalam mengikuti
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
3.
Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi
masalah-masalah diatas, penulis menarik suatu rumusan masalah yang akan menjadi
fokus dalam penelitian. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:
a.
Apakah dengan strategi The Power of Two dapat meningkatkan
minat belajar siswa/ siswi kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo dalam mengikuti
pelajaran Ilmu Pemngetahuan Alam?
b.
Apakah dengan strategi The Power of Two dapat meningkatkan
konsentrasi belajar siswa/ siswi kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo dalam
mengikuti pelajaran Ilmu Pemngetahuan Alam?
4.
Tujuan Penelitian
Penelitian ini
bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran kooperatif dengan metode
diskusi melalui tahapan belajar The Power of Two yang dilakukan peneliti
pada kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo dan untuk mengetahui peningkatan
aktifitas belajar siswa / siswi MTs Wahid Hasyim Ponorogo. Selain itu untuk
mengetahui tindakan yang dilakukan peneliti pada proses pembelajaran dalam
meningkatkan keaktifan, kreatifitas dan kemandirian serta kemampuan Ilmu
Pengetahuan Alam siswa. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk :
a.
Meningkatkan minat belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam melalui
strategipembelajaran The Power of Two pada siswa/ siswi kelas IX MTs
Wahid Hasyim Ponorogo.
b.
Meningkatkan konsentrsi belajar siswa/ siswi dalam mengikuti
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi pembelajaran The Power of
Two pada siswa / siswi kelas IX MTs Wahid Hasyim Ponorogo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar